Peringatan Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei sudah menjadi rutinitas tahunan yang dilakukan oleh para akademisi di seluruh nusantara. Secara umum, momentum ini sering  dijadikan sebagai ajang untuk merefleksi pendidikan di Indonesia, apakah sudah mengalami kemajuan atau sebaliknya?
Sebagai sebuah lembaga pendidikan yang terfokus pada Teknologi Informasi, STT Hamzanwadi memiliki pemikiran dan tujuan yang jelas terhadap sistem pendidikan yang dilaksanakan di lingkungannya. Salah satu hal yang senantiasa dijadikan sebagai acuan penyelenggaraan pendidikan di lingkungan STT Hamzanwadi yakni konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Bapak Maulana Syeikh yang senantiasa menitikberatkan pendidikan pada pengembangan nilai cipta, rasa, dan karsa serta terfokus pada prinsip yakin, ikhlas, dan istiqomah. Implementasi konsep tersebut tentunya terintegrasi dengan perkembanagan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditularkan kepada mahasiswa.

TGKH MZAM 3

Bertolak pada landasan persepsi yang sama,  sivitas akademika STT Hamzanwadi meyakini jika seyogyanya perkembangan pendidikan dibarengi dengan peningkatan pengetahuan di bidang teknologi informasi. Dengan kata lain, teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan dunia pendidikan karena bagaimanapun seseorang akan mengalami kesulitan untuk mempublikasikan atau menularkan ide-idenya ketika tidak menguasai teknologi. Selain itu, teknologi informasi sekaligus bisa menjadi sebuah perantara informasi yang bersifat global atau mendunia. Berdasarkan semua itu, maka tidak mengherankan jika harmonisasi perkembangan pendidikan dan penguasaan teknologi akan memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan yang dicita-citakan bersama.
Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional 2016! Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju di masa yang akan datang. Amin Ya Rabbal Alamin. (MIA)