VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

I. Visi dan Misi

Visi Program Studi :

Menjadi program studi yang mampu menghasilkan lulusan Diploma Manajemen Informatika yang handal, profesional, berkarakter santri dan mampu menciptakan lapangan kerja untuk kesejahteraan masyarakat.

Misi program Studi :

  • Mengembangkan pendidikan berbasis manajemen informatika berlandaskan moral dan azas manfaat yang dituntun nilai keislaman untuk kesejahteraan masyarakat;
  • Menyelenggarakan pendidikan yang berbasis manajemen informatika untuk membentuk tenaga profesional yang memiliki daya saing pada level lokal maupun nasional;
  • Mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan informatika yang dilandaskan kebutuhan masyarakat.

Tujuan Program Studi Manajemen informatika :

  • Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai dan menerapkan ilmu pengetahuan, dan teknologi dibidang manajemen informatika.
  • Menghasilkan produk teknologi tepat guna yang mendukung dakwah untuk kemaslahatan umat.
  • Menghasilkan lulusan yang berkarakter santri dan memiliki nilai-nilai keimanan, ketakwaan, kepribadian yang matang dan kreativitas yang handal dibidang manajemen informatika.

II. Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran Program Studi Manajemen Informatika adalah:

  • Terciptanya lulusan manajemen informatika yang memiliki integritasilmiah, wawasan dan kemampuan dasar keilmuan serta keterampilanteknis yang diperlukan untuk dapat bersaing didunia kerja;
  • Meningkatnya kualitas dan minat dalam penelitian bidang manajemen informatika dosen, yang akan memperkaya ilmu pengetahuan dalam mengembangkan potensi teknologi informasi;
  • Terciptanya lulusan manajemen informatika yang mampu berbuat danbersikap positif secara mandiri dalam mengembangkan ilmu pengetahuan danketerampilan standar yang dimiliki serta relevan dengan kebutuhan masyarakat;
  • Peningkatan hubungan kerjasama dalam optimalisasi dan pemecahanpermasalahan dalam lingkup produksi dan pemanfaatan teknologi informasi denganpemerintah, industri maupun stakeholder terkait.

Strategi pencapaiannya

  1. Terciptanya lulusan manajemen informatika yang memiliki integritas ilmiah, wawasan dan kemampuan dasar keilmuan serta keterampilan teknis yang diperlukan untuk dapat bersaing didunia kerja. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan langkah-langkah :
    • Peningkatan relevansi dan evaluasi kurikulum yang sesuai dengantuntutan pasar kerja.
    • Peningkatan dan pengembangan metodologi pembelajaran.
    • Implementasi KBK dan monitoring evaluasi.
    • Meningkatkan peran pembimbing akademik.
    • Meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan danpengajaran. Program atau kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain : peningkatan jumlah referensi dan fasilitas perpustakaan, peningkatan dan pengembangan laboratorium dan workshop, peningkatan fasilitas penunjang perkuliahan.
    • Meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga bisa bersaing di duniakerja. Program atau kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu : pengadaan kuliah lapangan dengan obyek yang sesuai topik matakuliah, pemutakhiran materi ajar sesuai dengan tuntutan industri nasional/institusi, mendatangkan dosen tamu dari kalangan stakeholder, meningkatkan kualitas pelayanan administrasi akademik.
    • Program ataukegiatan yang akan dilaksanakan yaitu : penyelenggaran administrasi perkuliahan yang efektif,efisien dan tepatwaktu, peningkatan sarana dan fasilitas administrasi yang representatif.
  2. Meningkatnya kualitas dan minat dalam penelitian bidang Manajemen Informatika dosen yang akan memperkaya ilmu pengetahuan dalam mengembangkan potensi teknologi informasi. Untuk mencapai sasaran yang ini, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
    • Peningkatan kemampuan dosen dalam penguasaan metodologi penelitian.Program atau kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu : mengikutsertakan dosen dalam kegiatan seminar dan workshop dibidang manajemen informatika, memfasilitasi dosen untuk mengikuti pelatihan dan kegiatan ilmiah, mengadakan lokakarya metodologi penelitian, peningkatan peran serta dalam publikasi ilmiah, jurnal, baik dalam skalaregionalmaupun nasional.
    • Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian. Untuk mencapai sasaran tersebut dilakukan beberapa tahap antara lain: bimbingan khusus mahasiswa peserta lomba karya tulis imiah, optimalisasi pemanfaatan internet sebagai sarana akses informasi kegiatan penelitian.
    • Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dalam penelitian dibidangManajemen Informatika. Untuk mencapai sasaran tersebut dilakukan beberapa tahap antara lain : pengadaan kuliah lapangan dengan obyek yang sesuai topik matakuliah, pemutakhiran materi ajar sesuai dengan tuntutan industri nasional/institusi dan mendatangkan dosen tamu dari kalangan
  3. Terciptanya lulusan Manajemen Informatika yang mampu berbuat dan bersikap positif secara mandiri dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan standar yang telah dimiliki serta relevan dengan kebutuhan masyarakat;
    • Mendorong dan memfasilitasi semua kegiatan yang berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat. Untuk mencapai sasaran tersebut dilakukan beberapa tahap antara lain : berpartipasi aktif dalam memberikan pelatihan maupun sosialisasikepada masyarakat, mengembangkan teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, mengadakan pelayanan informasi ilmiah kepada masyarakat tentang penerapan teknologi.
    • Mengadakan kerjasama dengan stakeholder dalam mengatasi permasalahan di bidang Manajemen Informatika. Untuk mencapai sasaran tersebut dilakukan beberapa tahap antara lain : berpartisipasi aktif dalam program community development bagimasyarakat di kawasan regional, menyusun program kemitraan dengan pengusaha dan industri dalam menyelesaikan permasalahan di lapangan.
  4. Peningkatan hubungan kerjasama dalam optimalisasi dan ahan permasalahan dalam lingkup produksi dan pemanfaatan teknologi informasi dengan pemerintah, industri maupun stakeholder Untuk mencapai sasaran tersebut dilakukan beberapa tahap antara lain :
    • Mengadakan kerjasama dengan pemerintah dan stakeholder terkait dalam mendukung program pemerintah Kabupaten Lombok Timur sebagaiobjek penerapan teknologi informasi.Untuk mencapai sasaran tersebut dilakukan beberapa tahap antara lain : mengadakan proyek penelitian bersama dalam optimalisasipemanfaatan teknologi informasi, berperan serta dalam menyusun kebijakan dan perencanaanpemanfaatan teknologi informasi di Kabupaten Lombok Timur.
    • Meningkatkan dan mengembangkan institusi serta manajemen internal program studi dalam menunjang kerjasama pemerintah dan stakeholder. Untuk mencapai sasaran tersebut dilakukan beberapa tahap antara lain : penyusunan database, profil dan peran serta program studi terhadap program optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi, penyusunan sistem informasi manajemen yang baik.