Sesuai dengan statuta Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi, maka visi Fakultas Teknik adalah

Menjadi Fakultas Teknik yang unggul pada ranah teknologi,  yang menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan muatan islami, untuk menghasilkan lulusan yang berpredikat “Sarjana Teknologi Berkarakter Santri”, memiliki semangat kemandirian dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu mendukung pembangunan nasional dan memajukan umat ditengah tatanan globalisasi guna menjadi rahmat bagi semesta alam (rahmatan lil alamin).

Penjelasan Visi

Lulusan dengan Karakter Santri

Karakter santri yang dimaksudkan adalah karakter yang dengan latar belakang keislaman yang kuat, gigih, serta memiliki spirit yang dilandasi slogan dari YPH PPD NW Pancor yakni “Nahdlatul Wathan fil Khair, Nahdlatul Wathan Fastabiqul Khairat”. Slogan ini mengandung maksud bahwa Nahdlatul Wathan (senantiasa berada) dalam kebaikan, Nahdlatul Wathan berlomba-lomba dalam kebaikan. Dengan karakter ini diharapkan alumni Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi berlomba-lomba menghadirkan perbaikan di muka bumi.

Lulusan dan Globalisasi

Lulusan Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi diharapkan juga dapat berkontribusi dengan ilmu yang didapatkan dalam pembangunan nasional, dan (yang tidak kalah penting) terhadap kemajuan umat. Pada era globalisasi saat ini, diperlukan cendekiawan-cendekiawan muslim yang menguasai teknologi dengan latar belakang agama yang kuat, untuk dapat melakukan penyaringan terhadap muatan-muatan globalisasi, yang sesuai dengan prinsip islam, dan memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk kemaslahatan umat.

Misi

Agar mampu mewujudkan visi sebagaimana dipaparkan di atas,  Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi menyusun sejumlah langkah yang secara spesifik dirumuskan untuk dapat mencapai visi pada kurun waktu yang telah ditetapkan.

Misi Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi pada tahun 2016 – 2021 dirumuskan dengan memperhatikan aspek-aspek tridarma perguruan tinggi, yaitu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta membangun karakter mahasiswa yang dilandasi nilai-nilai Islam dan moral Pancasila.
  2. Melaksanakan penelitian pada yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang  diarahkan untuk berkontribusi pada pembangunan nasional, dan kemajuan umat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai cerminan fastabiqul khairat dan civitas akademika yang mampu menjadi rahmatan lil ‘alamin.
  4. Melaksanakan kerjasama strategis dengan berbagi pihak untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan tridharma, serta memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Tujuan

Adapun tujuan Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi, selaras dengan misi yang telah ditetapkan, adalah pencapian tiap-tiap butir dari misi tersebut.

Tujuan Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi tahun 2016-2021 adalah

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu menjawab tantangan globalisasi, memiliki landasan keagamaan yang kuat, serta gairah untuk mendukung pembangunan nasional dan memajukan umat
  2. Menghasilkan karya ilmiah untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memiliki kontribusi  untuk pembangunan nasional dan kemajuan umat.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat baik lingkup lokal maupun nasional .
  4. Menghasilkan kerjasama-kerjasama baik lokal maupun nasional yang berdampak nyata bagi pengembangan insitusi, serta peningkatan kualitas sivitas akademik.

Sasaran dan strategi pencapaiannya

Sasaran insitusi mencerminkan sebuah ukuran keberhasilan yang akan dicapai menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan dengan mempertimbangkan kinerja dan sumberdaya program studi.

Pada Tahun 2016 – 2021, Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi memiliki sasaran sebagai berikut:

  1. Mahasiswa lulus tepat waktu pada tahun 2021 mencapai 85%.
  2. Rata-rata IPK lulusan mencapai 2,80.
  3. Rata-rata masa menunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha adalah 6 bulan atau kurang.
  4. 10 Prestasi mahasiswa tingkat regional maupun nasional per tahun.
  5. 10 Inovasi mahasiswa yang bermuatan islami pada tahun 2018
  6. Rata-rata jumlah penelitian dosen >1 penelitian per tahun.
  7. Penelitian dosen yang dimuat dalam jurnal nasional terakreditasi minimal 10 judul per tahun
  8. Sekurang-kurangnya 30 judul pengabdian kepada masyarakat per tahun
  9. Sekurang-kurangnya 10 judul pengabdian kepada masyarakat  yang bersentuhan langsung dengan usaha memajukan umat

Mitra kerjasama baik lokal, regional maupun nasional mencapai sekurang-kurangnya 30 mitra kerjasama